Selasa, 12 Februari 2013

Asam Urat

Pengertian Asam Urat dan Penyakit Asam Urat

Asam urat adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya akan dikuluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan  dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian-persendian dan tempat-lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal.
Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.
Berdasarkan pengertian asam urat inilah maka dapat kita disimpulkan bahwa penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam urat dalam darah yang kemudian menumpuk dan tertimbun dalam bentuk kristal-kristal pada persendian.  
Ketidakmampuan ginjal didalam mengeluarkan zat asam urat dalam darah diantaranya disebabkan ginjal itu sendiri yang lagi bermasalah atau dengan kata lain ginjal yang kurang sehat. Ginjal yang sehat atau normal akan mampu mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dalam darah termasuk zat asam urat bersama urine. Walaupun kita mengkonsumi makanan-makanan yang banyak mengandung zat purin, insya Allah tidak akan banyak masalah apabila kondisi ginjal kita sehat dan normal. 
Oleh karena itulah, bagi Anda yang lagi menderita penyakit asam urat hendaknya tidak lupa untuk melakukan perawatanyang intensif terhadap ginjal Anda. Segala bentuk upaya yang Anda lakukan untuk mengurangi kadar asam urat akan menjadi sia-sia apabila ginjal Anda masih dalam kondisi tidak fit alias bermasalah. Jadi upaya untuk menyehatkan ginjal harus dilakukan secara bersamaan dengan upaya menurunkan asam urat. Kalau tidak demikian, maka saya tegaskan sekali lagi bahwa upaya anda menurunkan zat asam urat akan sia-sia bila ginjal anda tidak mendapat penanganan yang serius.
Berdasarkan pengertian asam urat ini pula maka kita akan bisa membedakan antara penyakit asam urat dengan penyakit rematik. Penyebab rematik berbeda dengan penyakit asam urat. Namun deminkian gejala penyakit asam urat dan rematik dalam beberapa keadaan hampir sama. Kesamaan gejala inilah yang akhirnya sebagian orang yang menderita penyakit asam urat menjadi kurang perhatian sehingga dia tidak melakukan upaya penanganan sebagaimana mestinya. Pada akhirnya dia menderita penyakit asam urat yang parah bahkan terjadi penyakit ginjal dan gagal ginjal akibat penumpukan kristal-kristal asam urat yang parah dalam ginjal.

Penyebab Penyakit Asam Urat
Penyakit asam urat dibagi menjadi dua macam, yaitu penyakit asam urat primer dan penyakit asam urat sekundar. Pembagian ini didasarkan pada faktor penyebab asam urat dalam tubuh meningkat. Ada dua faktor utama sebagai sebab asam urat  menjadi naik dalam tubuh seseorang yaitu penyebab primer dan penyebab sekunder. Penyebab penyakit asam urat primer berasal dari dalam tubuh itu sendiri sedang penyebab skunder berasal dari luar tubuh. 
  • Penyebab Asam Urat Primer
    Penyebab ini sangat terkait dengan faktor dari dalam tubuh seseong namun belum diketahui secara pasti. Diduga disebabkan oleh faktor genetik dan ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat. Bisa juga disebabkan oleh tengganggunaya proses pengeluaran asam urat dari tubuh karena ginjal lagi bermasalah.
  • Penyebab Asam Urat Sekunder
    Penyebab ini sangat berkait erat dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi makanan yang banyak mengandung purin sebagai faktor utama untuk penyebab sekunder ini. Produksi asam urat meningkat karena kita mengkonsumi nutrisi kadar purin tinggi. Purin merupakan salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel). Dia termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

    Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, vitamin B12). Penyebab lainnya adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda-benda keton yang meninggi inilah sebagai sebab asam urat juga ikut meninggi.
Faktor Risiko

Faktor risiko yang menyebabkan orang terserang penyakit asam urat adalah pola makan, kegemukan, dan suku bangsa.
Di dunia, suku bangsa yang paling tinggi prevalensinya pada orang Maori di Australia. Prevalensi orang Maori terserang penyakit asam urat tinggi sekali, sedangkan di Indonesia prevalensi tertinggi pada penduduk pantai dan yang paling tinggi di daerah Manado-Minahasa karena kebiasaan atau pola makan ikan dan mengonsumsi alkohol.
Alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine itu ikut berkurang sehingga asam uratnya tetap bertahan di dalam darah. Konsumsi ikan laut yang tinggi juga mengakibatkan asam urat.
Asupan yang masuk ke tubuh juga memengaruhi kadar asam urat dalam darah. Makanan yang mengandung zat purin yang tinggi akan diubah menjadi asam urat. Purin yang tinggi terutama terdapat dalam jeroan, sea food: udang, cumi, kerang, kepiting, ikan teri.
KALAU menurut hasil pemeriksaan laboratorium kadar asam urat terlalu tinggi, kita perlu memperhatikan masalah makanan. Makanan dan minuman yang selalu dikonsumsi apakah merupakan pemicu asam urat. Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit. Maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
Yang paling penting untuk diketahui adalah kalau asam urat tinggi dalam darah, tanpa kita sadari akan merusak organ-organ tubuh, terutama ginjal, karena saringannya akan tersumbat. Tersumbatnya saringan ginjal akan berdampak munculnya batu ginjal, atau akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.
Asam urat pun merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung koroner. Diduga kristal asam urat akan merusak endotel (lapisan bagian dalam pembuluh darah) koroner. Karena itu, siapapun yang kadar asam uratnya tinggi harus berupaya untuk menurunkannya agar kerusakan tidak merembet ke organ-organ tubuh yang lain.
 

Gejala Penyakit Asam Urat

Mengetahui gejala asam urat sangatlah penting. Pengetahuan gejala atau tanda asam urat ini sangat penting baik untuk kita yang sudah terserang penyakit asam urat atau untuk kita yang masih dalam keadaan sehat segar bugar. Bagi kita yang sudah terjangkiti oleh salah satu atau sebagian gejala penyakit asam urat maka akan menjadikan kita lebih mudah melakukan antisipasi agar gejala asam urat ini tidak merembet menyebar pada gejala yang lain. 
Adanya gejala atau tanda asam urat yang tidak segera ditangani dengan cepat akan menjadikan gejala penyakit asam urat atau atau tanda asam urat berubah kepada gejala yang lebih kronis. Gejala yang sudah kronis tentu akan lebih menyulitkan kita untuk mengobati dan menyembuhkan.
Perlu untuk kita cermati adalah bawah ciri atau gejala asam urat  dapat dirasakan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan cek medis di rumah sakit. Oleh karena itu, apabila salah satu dari tanda-tanda asam urat di bawah ini menimpa Anda dan telah mempengaruhi tubuh Anda, segeralah lakukan tindakan pencegahan melalui hidup sehat dan dengan olah raga dan diet yang teratur.
Gejala penyakit asam urat sangat khas dan mempunyai tiga tahapan
  • Tanda Asam Urat Tahap Pertama
    Tahap pertama disebut tahap artritis gout akut atau peradangan asam urat akut. Pada gejala asam urat tahap ini penderita akan mengalami serangan artritis yang khas dan serangan tersebut akan menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 5 – 7 hari. Karena cepat menghilang, maka sering penderita menduga kakinya keseleo atau kena infeksi sehingga tidak menduga terkena gejala penyakit asam urat dan tidak melakukan pemeriksaan lanjutan.

    Bahkan, dokter yang mengobati kadang-kadang tidak menduga penderita terserang gejala penyakit asam urat. Karena serangan pertama kali ini singkat waktunya dan sembuh sendiri, sering penderita berobat ke tukang urut dan waktu sembuh menyangka hal itu disebabkan hasil urutan/pijatan. Padahal, tanpa diobati atau diurut pun serangan gejala asam urat pertama ini akan hilang sendiri.

    Setelah serangan pertama, penderita akan masuk pada gout interkritikal. Pada keadaan ini penderita dalam keadaan sehat selama jangka waktu tertentu. Jangka waktu antara seseorang dan orang lainnya berbeda. Ada yang hanya satu tahun, ada pula yang sampai 10 tahun, tetapi rata-rata berkisar 1 – 2 tahun. Panjangnya jangka waktu tahap ini menyebabkan seseorang lupa bahwa ia pernah menderita serangan artritis gout atau menyangka serangan pertama kali dahulu tak ada hubungannya dengan gejala penyakit asam urat.
  • Tanda Asam Urat Tahap Kedua
    Gejala atau tanda asam urat tahap kedua disebut sebagai tahap artritis gout akut intermiten. Setelah melewati masa gout interkritikal selama bertahun-tahun tanpa gejala asam urat, penderita akan memasuki tahap ini, ditandai dengan serangan artritis atau peradang yang khas. Selanjutnya penderita akan sering mendapat serangan (kambuh) yang jarak antara serangan yang satu dan serangan berikutnya makin lama makin rapat dan lama, serangan makin lama makin panjang, serta jumlah sendi yang terserang makin banyak. Pada tanda asam urat tahap kedua inilah penderita baru menyadari kalau dia sudah terkena serangan gejala asam urat. Penanganan pada tahap kedua ini tentu akan lebih sulit ketimbang pada tahap pertama.
  • Tanda Asam Urat Tahap Ketiga
    Gejala penyakit asam urat tahap ketiga disebut sebagai tahap artritis gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi bila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih. Pada tahap ini akan terjadi benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang disebut sebagai tofus. Tofus ini berupa benjolan keras yang berisi serbuk seperti kapur yang merupakan deposit dari kristal monosodium urat. Tofus ini akan mengakibatkan kerusakan pada sendi dan tulang di sekitarnya. Tofus pada kaki bila ukurannya besar dan banyak akan mengakibatkan penderita tidak dapat menggunakan sepatu lagi. 
Berdasarkan uraian tentang gejala asam urat atau gejala penyakit asam urat di atas, maka jelaslah bagi kita betapa pentingnya pengetahuan ini. Dengan pengetahuan ini kita akan mudah melakukan pendeteksian sedini mungkin apabila kita terserang tanda-tanda asam urat ini.


Cara Alami Mencegah Asam Urat dan Rematik

Mencegah Asam Urat dan RematikMencegah asam urat yang dimaksudkan dalam pembahasan ini adalah suatu apaya atau cara mencegah asam urat melebihi batas normal yang direkomendasikan secara mendis. Perlu diketahui, secara mendis kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl. Kadar asam urat diatas normal disebut hiperurisemia.
Perjalanan penyakit yang klasik biasanya dimulai dengan suatu serangan atau seseorang memiliki riwayat pernah cek asam uratnya tinggi di atas 7 mg/dl, dan makin lama makin tinggi.
Jika demikian, kemungkinannya untuk menjadi penyakit asam urat (gout) itu makin besar. Biasanya 25% orang yang asam uratnya tinggi akan menjadi penyakit asam urat. Bila kadar asam urat tinggi tapi tidak ada gejala serangan sendi ini disebut stadium awal. Pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang bertahun-tahun sama sekali tidak muncul gejalanya, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun
Kita tegaskan kembali bahwa tunjuan dari pembahan ini adalah bagaimana kita mencari cara mencegah asam urat agar tidak mebihi batas yang telah direkomendasikan secara medis. Bagi anda yang telah mengalami serangan gejala asam urat segeralah lakukan langkah pencegahan agar gejala tidak merembat pada serangan gejala yang lain. Adapun bagi Anda yang belum mengalami serangan gejala asam urat ada baiknya sekali-kali melakukan cek secara medis untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah. Apabila kadar asam urat Anda melebihi ambang batas yang direkomendasikan, maka segeralah lakukan tindakan pencegahan agar tidak terus meninggi dan segera lakukan diet makanan dan terapkan pola hidup sehat.
Adapun untuk rematik, nanti akan kita uraikan pada halaman tersendiri. Yang jelas, rematik dan asam urat memiliki gejala yang hampir sama tapi memilki  cara penanganan yang berbeda. 
 Cara mencegah rematik
Di bawah ini ada bebera cara menjegah mencegah dan mengatasi asam urat naik melebih ambang batas dan beberapa cara mencegah serangan gejala asam urat melebar.
Cara mencegah asam urat akan kita uraikan berdasarkan penyebab timbulnya asam urat itu sendiri. Pada uraian penyebab penyakit asam urat, kita telah mengetahui bahwa penyebab asam urat dibagi menjadi dua, yaitu peyebat primer dan penyebab sekunder. Penyebab primer sangat terkait dengan tubuh dan kondisi si empunya. Sedangkan penyebab sekunder sangat terkait dengan asupan makanan dan faktor-faktor luar lainnya.
Baiklah, kita coba uraikan satu persatu cara mencegah penyakit asam urat berdasarkan penyebab-penyebab utama di atas.
Mencegah asam urat yang disebabkan oleh faktor primer
Faktor primer penyebab asam urat dan pencegahannya:
  1. Potensi genetik 
    Potensi genetik untuk seseorang berpotensi terkena penyakit asam urat adalah bersifat turunan. Ada seseorang yang memang dari segi gen dia punya potensi untuk teridap penyakit asam urat. Untuk merubah sifat gentik memang sangat sulit bahkan bisa dibilang mustahil dan bukan di sini pembahasannya. Tapi jangan khawatir, orang yang memang sdh punya gen pembawa asam urat insya Allah masih bisa terbebas dari asam urat asal faktor-faktor penyebab yang lain bisa dikendalikan baik faftor dari dalam dalam seperti ketidak seimbangan hormon maupun faktor dari luar seperti asupan makanan. faktor dari luar inilah yang nantinya akan kita bahas secara panjang lebar insya Allah.
     
  2. Ketidakseimbangan hormon

    Terlebih dahulu, apa yang perlu anda ketahui mengenai Hormon?  Hormon adalah pembawa pesan kimiawi antarsel atau antarkelompok sel. Hormon beredar di dalam sirkulasi darah dan fluida sel untuk mencari sel target. Ketika hormon menemukan sel target, hormon akan mengikat protein reseptor tertentu pada permukaan sel dan mengirimkan sinyal. Reseptor protein akan menerima sinyal tersebut dan bereaksi baik dengan mempengaruhi ekspresi genetik sel atau mengubah aktivitas protein selular, termasuk di antaranya adalah perangsangan atau penghambatan pertumbuhan serta apoptosis (kematian sel terprogram), pengaktifan atau penonaktifan sistem kekebalan tubuh, pengaturan metabolisme dan persiapan aktivitas baru (kawin, merawat bayi), atau fase kehidupan (misalnya pubertas dan menopause). Pada banyak kasus, satu hormon dapat mengatur produksi dan pelepasan hormon lainnya. Hormon juga mengatur siklus reproduksi pada hampir semua organisme multiselular.

    Ketidak seimbangan hormon dalam tubuh akan mepengaruhi sistem kerja dalam tubuh berjalan tidak sebagaiman mestinya. Baik sistem kerja kelenjar yang lain maupun sistem metabolisme tubuh secara umum. Ketidak seimbangan hormon bisa mempengaruhi proses pembentukan purin dalam tubuh menjadi meningkat yang pada akhirnya hasil sampingan motabolisme zat purin juga akan meningkat yaitu zat asam urat. Pada dasarnya tubuh sudah mampu produksi purin sampai 85% kebutuhan tubuh. Akibat ketidak seimbangan hormon, produksi purin bisa meningkat berkali lipat.

    Ketidakseimbangan hormon sangat dipengaruhi oleh antara lain:
    1. Ketidakseimbangan emosi dan pola hidup yang tidak teratur
    2. Penumpukan racun dalam tubuh
    3. Radikal bebas

    Cara mencegah dan mengatasi penyakit asam urat akibat ketidak seimbangan hormon adalah diantaranya:
    1. Selalu menjanga emosi dan selalu berfikir positf
    2. Lakukan pola hidup yang baik dengan menyeimbangkan masa aktif dan istirahat
    2. Melakukan detoksifikasi atau pengeluaran cacun dalam tubuh. caranya klik di sini
     
  3. Proses pengeluaran asam urat terganggu di ginjal
    Produksi asam urat yang terbentuk sebagai hasil samping metabolisme dalam kondisi normal akan dikeluarkan dari tubuh melalu ginjal bersama urine. Namun dalam kondisi atau sebab tertentu, asam urat tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal. Penyebabnya adalah munkin karena produksi asam urat yang sangat tinggi sehingga ginjal tidak bisa mengatasi untuk mengeluarkannya. Bisa jadi asam urat yang diproduksi normal cuma kondisi ginjal yang tidak fit alias sakit.
    Untuk mencegah asam urat untuk penyebab yang ketiga iini adalah:
    1. Selalu jaga kesehatan ginjal Anda.
    2. Hindarkan menkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin, terutama bagi Anda yang lagi punya masalah dengan ginjal Anda. Dlam kondisi ginjal normal insya Allah tidak terlalu masalah untuk mengkonsi makanan tinggi purin kerena ginjal akan mampu mengeluarkan hasil samping metabolisme yang tidak diperlukan tubuh.
Mencegah asam urat atau penyakit asam urat yang disebabkan oleh faktor sekunder
Faktor primer penyebab asam urat dan pencegahannya
Penyebab ini sangat terkait erat dengan asupan makanan atau obat-obatan (obat kimia) yang masuk ke dalam tubuh.
  1. Menkonsumsi makanan tinggi purin
    Produksi asam urat meningkat karena kita mengkonsumsi nutrisi yang tinggi kadar purinnya. Tingginya purin dalam darah tentu akan menaikkan hasil samping dari metobolisme zat tersebut yaitu zat asam urat.
    Cara mencegah dan mengatasi penyakit asam urat karena sebab ini adalah dengan menghindarkan diri atau meminimalisir dari makanan-makanan yang tinggi purin
     
  2. Alkohol dan Obat-obatan kimia
    Alkohol juga mengandung purin. Selain itu, alkohol akan memicu pengeluaran cairan sehingga meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Alkohol juga bisa memicu enzim tertentu di dalam liver yang memecah protein dan menghasilkan lebih banyak asam urat.

    Alkohol juga menyebabkan pembuagan asam urat lewat urin tergannggu sehingga asam urat tetap bertahan dalam darah. Demikian juga obat-obatan kimia. Di satu sisi obat-obat kimia bisa membantu menyembuhkan penyakit tapi disisi lain dia sangat berbahaya bagi organ-organ vital dalam tubuh seperti ginjal dan liver serta organ lainnya. Menggunakan obat-obatan kimia ibaratnya seperti kita menggunakan pisau bermata dua.

    Cara mencegah asam urat karena penyebab ini:
    1. Hindarkan sama sekali dari minuman beralkohol krn lebih byk negatifnya
    2. Hindarkan sebisa mungkin dari obat-obatan kimia kecuali kondisi darurat. Usahan menjadikan obat-obatan herbal sebagai alternatif utama dan pertama sebelum terpaksa menggunakan obat-obatan kimia.
Itulah beberapa cara mencegah asam urat atau mencegah penyakit asam urat. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan manfaat kepada kita semua yang membaca artikel ini.

 


Ramuan Herbal Untuk Asam Urat


Ramuan Herbal Untuk Asam Urat


Mengatasi penyakit termasuk di sini penyakit asam urat secar alami sekarang ini sudah menjadi tren bahkan sebagai kebutuhan. Orang semakin sadar untuk mulai kembali ke alam dalam mengobati dan mengatasi berbagai penyakit. Penggunaan bahan herbal alami untuk mengatasi penyakit diyakini bisa memberikan dampak kesembuhan secara menyeluruh dan lebih optimal. Hal ini dikarekan penggunaan bahan-bahan herbal alami akan lebih mendorong dan mengoptimalkan tubuh untuk melakukan penguatan diri dalam menghadapi penyakit. Sistem imunitas yang menjadi tujuan utama dalam sistem pengobatan secara alami dengan bahan herbal alami.
Pada kesempatan ini kita akan menyajikan beberapa  resep ramuan herbal asam urat untuk bisa dipraktekkan oleh siapa saja yang ingin mengatasi penyakit asam urat secara alami. Kita akan menyajikan beberapa resep ramuan herba untuk asam urat  dengan harapan bisa dipraktekan sesuai kondisi dan ketersedian bahan baku yang bisa didapatkan oleh penderita asam urat di lingkungan sekitarnya.
Namun sebelum mempraktekkan ramuan herbal asam urat ini, hendaknya perlu dipahami bahwa dalam menjalankan pengobatan atau menterapi asam urat dengan ramuan alami juga harus memperhatikan berbagai pantangan yang harus dijauhi oleh penderita asam urat. Akan menjadi suatu upaya pengobatan yang sia-sia apabila berbagai pantangan masih dilanggar.

Di bawah ini kita sajikan beberapa ramuan herbal untuk asam urat. Silahkn Anda jalankan sesuai ketersedian bahan baku herbal di sekitar Anda.

  • Bahan I :
    3 sdm nigella sative (jintan hitam )
    2lembar daun tempuyung
    sdkt kayu manis
    10 lembar daun salam
    700 cc air

    Cara membuatnya :
    Setelah dicuci, rebus hingga air tersisa 200 cc, saring kemudian minum selagi hangat.memasukkan daun salam saat air mendidih untuk menghindari oksidasi atsiri oilnya
     
  • Bahan II :
    Kayu manis sebesar ibu jari
    5 gram biji pala
    5 butir kapulaga
    5 butir cengkih
    200 gram ubi jalar merah
    10 butir merica
    15 gram jahe merah
    200 cc susu sapi cair
    1500 cc air

    Cara membuatnya :
    Setelah dicuci bersih rebus ramuan tadi hingga air tersisa 500 cc. Saring dan tambahkan susu cair, minum selagi hangat.
     
  • bahan III :
    2sdm nigella sativa (biji/serbuk jintan hitam)
    30gram sidafolia (sidogurih ratu)
    1jari jahe merah
    3daun sirih merah
    sdkt adas manis
    rebuslah bahan semuanya, dengan 3gelas air di masak dengan api sedang saaat mendidih kecilkan api sampai sisa 2 gelas. bagilah dua gelas minumlah pagi dan sore selama satu minggu.
     
  • Bahan IV:
    buah apel malang ( room beauty)
    2sdm cuka
    1 iris nanas muda
    2batang sereh wangi
    potong-potong apel dan nanasrebus dengan sedikit air, masukkan sereh wangi, matang angkat beri wadah tertutup lalu saat dingin siram dengan cuka, tutuplah dan biarkan 3hari-1minggu. penyimpanan boleh ditambah madu, aduk sebelum disimpan.
     
  • Bahan IV :
    1 buah Apel Manalagi
    2 sendok makan sari jahe
    3 sendok makan sari temulawak
    Air perasan Jeruk Nipis
    Garam secukupnya
     0,5 cangkir air matang

    Cara membuatnya :
    Setelah bahan dicuci bersih, satukan lalu dibuat menjadi jus dan minum 3 kali dalam sehari

 Cara Mengatasi Asam Urat
 
Mengatasi asam urat yang dimaksudkan dalam pembahasan ini adalah suatu cara mengatasi asam urat yang melebihi ambang batas yang direkomendasikan secara medis agar turun kembali ke kondisi normal. Kadar normal asam urat untuk wanita berkisar 2,4 hingga 6,0 sementara bagi pria antara 3.0 hingga 7,0. 
Sebelum kita mencari cara mengatasi penyakit asam urat, sangat penting bagi kita untuk mengetahui sekaligus mendeteksi penyebab kenapa asam urat kita menjadi naik. Tanpa kita mengetahu penyebab naiknya asam urat, maka bisa dipastikan kita akan kesulitan didalam mendeteksi penyebab kenapa asam urat kita menjadi naik.
Setelah Anda membaca dan mengetahui penyebab penyakit asam urat, maka saatnya kita sekarang membahas cara mengatasi asam urat.  Seperti yang telah kita ketahui bahwa berdasarkan faktor penyebanya, penyakit asam urat dibagi menjadi dua macam, yaitu penyakit asam urat primer dan penyakit asam urat sekunder.
Mengatasi asam urat yang disebabkan oleh faktor primer
Penyebab asam urat primer dan cara mengatasinya:
  1. Faktor keturunan atau genetik
    Penyakit asam urat yang disebabkan faktor genetik atau turunan memang sangat sulit cara mengatasinya dari sisi genetiknay. Bahkan Hampir dipastikan seseorang tidak akan bisa merubah potensi genetik yang ada padanya karena dia sudah bersifat turunan. Atau dikatakan emang sudah dari sana-Nya begitu.
    Namun jangan khawatir, potensi genetik insya Allah tidak akan berpengaruh apabila faktor perangsang timbulnya penyakit asam urat yang lain bisa dikendalikan. Orang yang sudah punya potensi genetik untuk terkena penyakit asam urat insya Allah akan bisa  terbebaskan dari penyakit asam urat apabila dia bisa mengendalikan penyebab-penyebab yang lain. Nah, mengatasi penyebab-penyebab yang lain inilah yang akan kita bahas secara panjang lebar dalam blog ini. Silahkan Anda lanjutkan membaca pada pembahasan-pembahasan di  bawah ini dengan seksama.
     
  2. Faktor ketidakseimbangan hormon
    Sebelumnya, Anda harus tahu dulu apa itu hormon?. Dia adalah pembawa pesan kimiawi antar sel atau kelompok sel. Hormon beredar mengikuti sirkulasi darah dan cairan cel untuk mencari cel target. Setelah menemukan sel target, hormon akan mengikat protein reseptor tertentu pada permukaan sel dan mengirimkan sinyal.
    Reseptor protein akan menerima sinyal tersebut dan bereaksi baik dengan mempengaruhi ekspresi genetik sel atau mengubah aktivitas protein selular, termasuk di antaranya adalah perangsangan atau penghambatan pertumbuhan serta apoptosis (kematian sel terprogram), pengaktifan atau penonaktifan sistem kekebalan tubuh, pengaturan metabolisme dan persiapan aktivitas baru (kawin, merawat bayi), atau fase kehidupan (misalnya pubertas dan menopause). Pada banyak kasus, satu hormon dapat mengatur produksi dan pelepasan hormon lainnya. Hormon juga mengatur siklus reproduksi pada hampir semua organisme multiselular.

    Ketidakseimbangan hormon akan mempengaruhi sistem kerja dalam tubuh. Sistem kerja cel, jaringan cel, organ dan sistem kelenjar dalam tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan ketidakseimbangan hormon akan mempengaruhi proses pembentukan purin dalam tubuh baik menjadi meningkat melebihi yang dibutuhkan atau menurun sehingga tubuh kekurangan zat purin. Apabila terjadi proses pembentukankan purin jauh melibihi yang dibutuhkan tubuh, maka tubuh akan sangat potensial untuk terserang penyakit asam urat.

    Ketidakseimbangan hormon dipengaruhi antara lain:
    1. Ketidakseimbangan emosi dan pola  hidup yang tidak teratur
    2. Radikal bebas dan penumpukan racun dalam tubuh

    Cara mengatasi asam urat akibat ketidakseimbangan hormon
    1. Selalu berfikir positif
    2. Mengendalikan emosi dan menghindari konflik
    3. Terapkan pola hidup yang baik dan teratur
    4 Seimbangkan masa aktif dan masa istirahat
    5. Lakukan pengeluaran racun dalam tubuh atau detoxifikasi
        (caranya klik di SINI)
     
  3. Terganggunya proses pengeluaran asam urat di ginjal
    Dalam kondisi normal, ginjal akan membuang sisa-sisa metabolisme melalui urine atau air kencing. Namun apabila terjadi masalah pada ginjal alias ginjal dalam kondisi tidak fit atau sakit, maka secara otomatis akan mengganggu pembuangan hasil sisa-sisa metabolisme seperti asam urat dan lain-lain. Asam urat yang tidak terbuang malalu urine ini akan terus mengendap dalam urat yang pada akhirnya tertimbun dalam jaringan dan persendian. Pada akhirnya terjadilah penyakit asam asam urat.

    Namun perlu dipahami juga bahwa asam urat  yang berlebih melebih kemampuan ginjal normal untuk membuangnya juga akan mengakibatkan penyakit ginjal. Asam urat yang terlalu tinggi dalam darah dan ginjal tidak mampu mengeluarkannnya - padahal ginjalnya dalam keadaan sehat- lama kelamaan juga akan menumpuk di dalam ginjal sehingga akan mennyebabkan gijal menjadi sakit. Bahkan kelebihan asam urat akan memicu terjadinya batu ginjal.

    Cara mengatasi penyakit asam urat yang disebabkan ginjal yang bermasalah
    1. Segera kurangi konsumsi makanan yang byk mengandung purin
    2. Segera lakukan upaya penyembuhan ginjal yang lagi sakit
    3. Perbanyaklah minum air putih untuk memperingan kerja ginjal dan detoksifikasi
    4. Lakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun scr terpadu- caranya klik di SINI 
Cara Mengatasi penyakit asam urat  yang disebabkan oleh faktor sekunder
Penyebab asam urat sekunder dan cara mengatasinya:
  1. Konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi
    Mengkonsumsi makanan yang tinggi purin merupakan penyebab utama terjadinya penyakit asam urat. Banyaknya purin yang masuk ke dalam tubuh kita akan menghasilkan sisa metabolisme purin yang banyak dalam darah yaitu asam urat. Kadar Asam urat yang tinggi dalam darah tentu akan menyulitkan atau memperberat kerja ginjal untuk mengeluarkan asam urat tersebut bahkan berujung pada ketidakmampuang ginjal untuk mengeluarkan semua hasil metabolisme tersebut. Pada akhirnya asam urat tertimbun dalam berbagai organ tubuh seperti persendian, liver, dalam darah, dan bahkan akan mengendap dalam ginjal.

    Timbunan-timbunan asam urat  yang tidak segara diatasi akan mengakibatkan timbulnya komplikasi.

    Cara Mengatasi asam urat yang disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi purin:
    1. Segera hentikan mengkonsumsi makanan yang byk mengandung purin
    2. Perbanyaklah minum air putih untuk mengencerkan  asam urat dan melarutkannnya sehingga mudah dikeluarkan oleh ginjal
    3. lakukan detoksifikasi serara terpadu dan terarah
    4. Lakukan diet yang tepat dan terarah
    5. Lakukan pengobatan secara tepat dan alami. Pengobatan yang kami sarankan adalah pengobatan secara alami. Usahakan semaksimal mungkin untuk tidak menggunakan oba2tan kimia. Kecuali dalam kondisi darurat.

  2. Alkohol dan obat-obatan
    Minuman beralkohol sangat berbahaya bagi kesehatana secara umum. Dia bisa merusak jaringan syaraf otak dan syaraf lainnya. Inilah salah satu hikmahnya kenapa minuman beralkohal diharamkan dalam agama Islam. Alkohol lebih banyak efek negatifnya ketimbang manfaatnya. Kami sarankan kepada Anda baik yang masih sehat lebih-lebih yang sudah sakit untuk meninggalkan minuman beralkohok sama sekali. Kalau tidak, masa tua Anda akan terncam mudah terserang penyakit. Berilah contoh yang baik kepada anak cucu Anda. Jangan ajari mereka untuk menyentuh minuman keras
    Eh, sorry ! Kok malah ceramah. Tapi ga apalah, mudah2an berguna.

    Alkohol dan obat-obatan merupakan racun dalam tubuh. Semakin banyak Anda mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan, maka potensi menumpuknnya racun dalam tubuh semakin besar. Penumpukan racun dalam tubuh merupakan salah satu sebat utama tubuh kita  terserang penyakit termasuk penyakit asam urat. Disamping itu alkohol juga mengandun purin.

    Cara mengatasi penyakit asam urat akibat minuman beralkohok dan obat-obatan
    1. Segera hentikan dan jauhi segala bentuk minuman beralkohol
    2. Hentikan mengkonsumsi obat-obatan kimia kecuali memang terpaksa sesuai anjuran dokter
    3. Perbanyaklah minum air putih
    4. lakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun.
    5. Lakukan pengobatan secara alami. Ini yang kami sarankan.
Demikianlah cara mengatasi asam urat atau cara mengatasi penyakit asam urat. Mudah-mudahkan artikel ini bermanfaat. (dirangkum dari berbagai sumber) 


Pantangan Asam Urat

Pantangan Untuk Penderita Asam UratUntuk mempercepat dan mengoptimalkan proses pengobatan, ada beberapa makanan pantangan asam urat atau pantangan bagi penderita penyakit asam urat. Pantangan untuk asam urat ini harus benar-benar mendapat perhatian bagi siapa saja yang sudah terserang gejala penyakit asam urat. Proses mengatasi atau mengobati penyakit asam urat akan menjadi sia-sia apabila pantangan-pantangan yang harus dijauhi tidak diindahkan.
Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin:
  • Makanan pantangan untuk asam urat Golongan A:
    Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) adalah hati, ginjal, otak, jantung, paru, lain-lain jeroan, udang, remis, kerang, sardin, herring, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.
  • Makanan pantangan untuk asam urat Golongan B:
    Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A, daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
  • Makanan pantangan untuk asam urat Golongan C:
    Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran lain, buah-buahan.

Tidak ada komentar: